Sebagai contoh bila Anda ingin membangun usaha kopi dengan memfokuskan diri pada packaging produknya, maka Anda harus memperhatikan desainnya.
Dan desain kemasan sendiri punya banyak variasi, mulai dari modern, klasik, unik, fresh, tradisional, ceria, dan sebagainya.
Kemudian desain packaging tersebut, Anda sesuaikan juga dengan konsep tempat jualannya.
Jangan sampai konsep yang sedang dibangun pada kemasan produknya yakni unik dan fresh, tetapi tempat jualannya dirancang dalam nuansa klasik.
Nantinya justru bertabrakan dan konsumen kurang mendapatkan feel yang seharusnya.
Baca juga : Resep Tropical Float Drink ala KFC, Segarnya Bukan Rekayasa
Bahan Baku
Trik berjualan kopi kemasan yang berikutnya adalah mencari bahan baku.
Ketika Anda berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik, maka hal tersebut berlaku pada semua komponen termasuk kepada bahan baku yang digunakan.
Cara tepat untuk memperoleh supplier kopi yang tepercaya, Anda harus pintar mencarinya melalui riset serta uji coba dahulu.
Yang mana jika kopi punya harga berbeda, sudah pasti rasa yang dihasilkan juga berbeda. Semua dapat Anda sesuaikan dengan modal yang sudah disiapkan dan sasaran target pasarnya.
Dengan memakai bahan baku berkualitas tinggi, tentu saja Anda akan menghadirkan cita rasa minuman yang berbeda dibanding dengan penggunaan bahan baku asal-asalan.
Selain itu, dampak positifnya adalah kepercayaan konsumen terhadap produk Anda juga menjadi meningkat nantinya.
Inovasi
Setiap usaha minuman, pasti tidak ingin kalah bersaing dengan kompetitor sejenisnya bukan? Oleh sebab itu, inovasi dalam produk menjadi hal yang penting untuk diperhatikan.
Di tahap ini, Anda bisa melakukan eksperimen secara bebas dengan membuat kombinasi rasa dari beberapa macam bahan sekaligus.
Kemudian tasting kepada orang-orang tertentu yang sudah paham dengan kopi untuk mengetahui saran atau kritis mereka.
Dengan begitu, Anda dapat menciptakan produk minuman atau bahkan menghadirkan tren kopi kekinian yang belum pernah ada sebelumnya.
Poin plus ini, akan membuat usaha Anda lebih mudah untuk mendatangkan banyak konsumen.
Baca juga : 10 Referensi Jus untuk Penderita Maag, Lambung Tentram
Membuat Brand
Dalam setiap membangun sebuah usaha, tidak akan terlepas dari branding terhadap produk itu sendiri.
Anda dapat membuat atau memilih nama brand kopi yang punya unsur khas, simpel, unik, menarik, segar, ataupun berbudaya.
Namun hal paling penting ketika membuatnya yakni pilihlah nama yang mudah untuk diingat.
Karena dengan begitu, konsumen akan lebih mudah mengidentifikasinnya dalam waktu secepat mungkin.
Selain itu, Anda pun bisa membangun brand ini melalui kemasan produk yang digunakan lho!
Kenyataannya kemasan produk menjadi salah satu faktor penarik konsumen untuk membeli.
Hal tersebut dapat terjadi, karena dari segi bentuknya yang unik atau punya value tersendiri yang dibangun.