Beberapa waktu belakangan ini, bisnis minuman jamu semakin marak di pasaran Indonesia. Mengingat bahwa semenjak pandemi Covid-19 hadir, permintaan pasar akan minuman jamu tersebut tidak ada habisnya.
Melihat potensi bisnis yang menjanjikan di depan mata, Anda pun memiliki kesempatan besar untuk mengembangkannya lho! Simak pemaparan strategi bisnis jamu kemasan kekinian berikut ini yuk!
Baca juga : 6 Kreasi Minuman Booming Korea, Nikmatnya Bikin Koma
Apa aja sih strategi bisnis jamu kemasan kekinian yang harus Anda tahu?
Menentukan Varian Minumannya
![strategi bisnis jamu kemasan kekinian strategi bisnis jamu kemasan kekinian](https://www.putrafarmayogyakarta.co.id/wp-content/uploads/2022/02/jamu-air-mancur.jpg)
Minuman jamu memang menjadi salah satu minuman andalan masyarakat Indonesia sejak zaman dahulu.
Di Indonesia sendiri, varian jamunya juga terbilang sangat banyak mulai dari kunir asem, jahe wangi, beras kencur, temulawak, teh rosella, teh bunga telang, dan masih banyak lagi.
Bagi Anda yang tertarik untuk merintis bisnis ini, Anda bisa memulainya dari menentukan berapa macam atau jenis produk jamu yang ingin dijual.
Setelah itu, Anda bisa mulai survei harga bahan baku, peralatan apa saja yang digunakan, serta bagaimana cara membuatnya.
Namun yang paling penting adalah Anda juga harus mempersiapkan modal yang akan dikeluarkan. Hal ini nantinya berguna untuk menghitung berapa banyak jumlah hasil produk dan harga jualnya di pasaran.
Dengan begitu, Anda dapat memperkirakan berapa lama waktu untuk balik modal.
Contoh perkiraan modal yang harus dipersiapkan:
Baca juga : Pencernaan Kuat dengan 4 Rekomendasi Merek Susu Fermentasi
Inovasi Minumannya
Strategi bisnis jamu kemasan kekinian berikutnya adalah inovasi produk. Tentu saja untuk memikat lebih banyak konsumen, Anda harus memikirkan inovasi produk tersebut.
Apalagi pangsa pasar milenial pun sangat mudah dipikat dengan produk yang dikemas kekinian, walaupun sebenarnya minuman notabene kuno.
Yang mana Anda bisa membuat formulasi minumannya dengan menambahkan bahan/nutrisi tertentu yang belum pernah digunakan sebelumnya, ataupun membuat rasanya tidak terasa seperti minuman jamu pahit.
Sebelum Anda terjun untuk memproduksinya, Anda dapat melakukan observasi dahulu guna melihat dan mempelajari produk kompetitor sejenis.
Dengan begitu, Anda bisa mengambil celah yang ada untuk membuat produk yang lebih menjual.
Saat ini, inovasi bentuk minuman paling dicari yakni yang bentuknya instan siap seduh. Hal ini karena melihat dari segi ketahanan produknya yang lebih lama dan desain kemasannya dapat dibuat semenarik mungkin.
Selain itu, Anda juga harus memperhatikan kebersihan pembuatan, mempertahankan keaslian/konsistensi rasa, serta kualitas tekstur produk minumannya.