Sebuah produk bisa dikenali dengan mudah apabila memiliki sebuah simbol logo yang khas. Dari sebuah logo, bisnis Anda bisa mendapatkan loyalitas penuh dari konsumen.
Selain itu, peranan logo brand bisnis ini sebagai salah satu elemen untuk membangun branding yang kuat bagi perusahaan bersangkutan. Simak ulasan selengkapnya berikut ini
Baca juga : 6 Inspirasi Kemasan Produk Kreatif Untuk Ide Bisnis Anda
Intip peranan logo brand bisnis di bawah ini yuk!
Kesan Pertama yang Kuat
Perancangan sebuah logo tidaklah semudah yang Anda bayangkan. Membutuhkan banyak riset, pemikiran yang matang, dan pengembangan dengan berbagai macam gaya berbeda.
Mulai dari warnanya, penggunaan jenis hurufnya, iconnya, hingga ukuran yang tepat.
Bentuk logo yang profesional dan memiliki karakteristik tersendiri, mampu menjadi penarik perhatian dan memengaruhi sisi psikologis seseorang secara tidak langsung.
Maka dari itu, pemilihan logo tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Butuh pengalaman yang mumpuni untuk membuat sebuah desain logo agar sukses di pasaran.
Jati Diri Produk
Peranan logo brand bisnis berikutnya yakni sebagai cara untuk membranding perusahaan yang mengeluarkan produk tersebut.
Jika branding logonya secara visual sudah kuat, tidak akan dipungkiri lagi bahwa produk itu bisa menggaet kepercayaan dan kesetiaan penuh dari para konsumennya.
Karena konsumen yang sudah memiliki keloyalan pada sebuah produk, akan sangat sulit untuk berpaling ke produk lainnya, walaupun mungkin menghadirkan lebih banyak variasi.
Di samping itu, logo juga berfungsi sebagai cara komunikasi dari perusahaan bersangkutan mengenai visi misi mereka. Ataupun bisa jadi gambaran cerita/representasi produk yang dikeluarkan.
Sebagai Pembeda Kompetitor
Sebuah produk tidak akan terlepas dari para pesaing-pesaingnya. Maka dari itu, melalui logo ini akan memudahkan konsumen untuk membedakan produk Anda dengan produk kompetitor.
Dengan perancangan bentuk logo yang unik dan mempunyai filosofi mendalam, para konsumen biasanya akan lebih cepat tertarik dengan produk yang ditawarkan tersebut.
Selain itu, sebuah wajah logo dinilai bagus, elegan, bahkan profesional akan menaikkan kepercayaan konsumen dengan kinerja perusahaan yang membuat produk.
Efeknya tentu saja, dapat meningkatkan profit perusahaan karena penjualan produk yang terus meragkak naik.
Meluaskan Pemasaran
Peranan logo brand bisnis yang terakhir ialah memperluas pangsa pasar secara nasional maupun internasional.