Dalam merintis sebuah bisnis, tentu saja sangat penting untuk membuat citra produknya bisa dikenal luas dan bertahan lama di tengah banyaknya kompetitor.
Hal ini karena image yang baik akan mempengaruhi persepsi konsumen untuk memilih, membeli, atau bahkan mengabaikan sebuah produk.
Bagi Anda yang sedang berjuang membangkitkan citra produk bisnis Anda agar mampu menggaet konsumen lebih banyak serta loyal, simak yuk jurus jitu membangun branding yang menarik di bawah ini!
Baca juga : 6 Trik Berjualan Kopi Kemasan, Awas Labanya Bercucuran!
Mengenal brand dan branding
Brand atau merek adalah sebuah identitas bisnis yang berfungsi untuk membedakan produk/jasa yang dimiliki dengan bisnis lainnya.
Sebuah brand yang mempunyai nilai keunikan tersendiri, sudah pasti punya potensi yang lebih besar untuk melampaui brand milik kompetitor.
Namun brand/merek hanya menjadi sebuah kotak kosong saja, apabila Anda tidak melakukan analisa lebih jauh dengan melakukan branding pada produknya.
Di mana melakukan branding sejak awal peluncuran produk, menjadi kunci penting untuk membuat target pasar Anda dengan cepat menyadari produknya.
Dengan adanya peran dari branding tersebut, Anda akan lebih mudah memperkenalkan dan menawarkan sebuah produk.
Bahkan branding dengan konsep rencana yang mumpuni serta tepat sasaran, dapat mempengaruhi sisi psikologis konsumen lho!
Hal tersebut bisa terjadi karena penggunaan kata-kata slogan, nama brand & desain logo, hingga pemasarannya berjalan dengan sukses.
Konsep branding produk yang baik, akan membuat produk Anda lebih cepat melekat pada benak konsumen.
Hal ini karena kesadaran yang kuat akan sebuah brand sudah tertanam dalam hati maupun pikiran seorang konsumen.
Sebagai contoh kita sangat sering menemukannya pada konsumen yang ketika ditanya tentang salah satu brand, katakanlah produk sabun cuci.
Apa yang akan terlintas dipikiran mereka pertama kali, itulah yang dimaksud dengan tertanam kuatnya branding produk.
Baca juga : Bikin Cepat Isi dengan 5 Rekomendasi Susu Promil Ini
Apa aja sih jurus jitu membangun branding yang dapat Anda lakukan?
Ciptakan Konsep yang Matang
Pembuatan konsep yang matang seperti identitas yang berbeda, out of the box, atau bahkan fresh, menjadi salah satu faktor untuk membuat produk Anda tampak lebih menonjol.
Di mana pembangunan karakter atau ciri khas yang unik, akan berguna untuk mempertahankan konsistensi bisnis agar tidak mudah bergeser.
Selain sentuhan daya cipta serta pikiran yang kreatif, jangan lupa untuk senantiasa menuangkan nilai-nilai positif sebagai bagian dari penciptaan persona brand Anda.
Karena persona yang buruk, hanya akan membuat efek negatif yang bisa menghancurkan bisnis Anda secara perlahan.
Lalu penting juga untuk mengingat bahwa, persona brand ini harus tetap memiliki efek sederhana serta relevan dengan segala aspek yang ada supaya berjalan secara berkesinambungan.
Menentukan Target Pasar
Jurus jitu membangun branding selanjutnya ialah menentukan target pasar. Sebuah bisnis yang dibangun, tentu saja butuh peranan dari konsumen untuk membelinya bukan?
Namun tidak semua jenis bisnis bisa masuk ke dalam seluruh lini ataupun kategori. Oleh sebab itu, penentuan target pasar menjadi hal penting yang patut diperhatikan.
Karena hal tersebut dapat mempengaruhi efisiensi kinerja dari produknya.
Anda harus mengetahui produk yang akan Anda tawarkan ini berada dalam kelompok, rentang usia, geografis, behavior, atau bahkan budaya mana saja.
Dengan begitu, Anda akan lebih mudah untuk menyusun strategis promosi yang efektif untuk memenuhi kebutuhan para konsumen dengan tepat sasaran.