Dalam menjalankan sebuah usaha tentu saja terdapat produk yang ditawarkan kepada konsumen. Hal tersebut pasti juga berkaitan erat dengan proses mengenalkan produk ke target yang sudah ditunjuk. Namun tanpa adanya pemasaran yang giat, persentase brand Anda untuk bisa tersebar luas sampai taraf nasional atau internasional pun akan menjadi sulit.
Dapat kita lihat pada brand-brand tertentu yang ada di pasaran Indonesia. Banyak yang menjadi primadona karena sudah dipercaya dan sangat melekat pada benak masyarakat. Maka dari itu sangat perlu melakukan branding produk, agar brand Anda mempunyai kekuatan dan menjadi incaran utama bagi masyarakat.
Ingin tahu gimana caranya produk Anda bisa ter-branding dengan baik? Simak penjelasannya di bawah ini.
Seputar brand, branding dan branding produk.
![branding produk](https://www.putrafarmayogyakarta.co.id/wp-content/uploads/2021/06/buzzful.net_.jpeg)
Brand pertama kali ada karena digunakan oleh orang-orang Inggris pada abad ke-19 untuk memberikan tanda pada hewan-hewan ternak dan budak dengan cara memberi cap besi panas pada bagian tertentu di tubuh mereka. Mereka menyebutnya dengan burn.
Kata brand sendiri baru menjadi popular ketika orang Jerman menandai sesuatu barang dengan cara yang sama yakni menggunakan cap besi panas atau brennen.
Brand atau merek artinya ialah identitas diri yang membedakan antar sesama baik manusia, produk, maupun tempat. Sedangkan branding ialah sebuah kegiatan komunikasi untuk memperkuat dan mempertahankan sebuah brand dalam rangka memberikan perspektif kepada orang lain ketika melihatnya.
Branding ini akan berkaitan dengan tanda, simbol, ciri visual, citra, karakter, kredibilitas serta kesan baik yang ada dalam benak masyarakat terhadap sebuah produk. Dengan kehadiran branding ini membantu para pelaku usaha untuk menonjolkan produknya dari para kompetitornya yang lain.
Branding produk ialah simbol atau desain yang bisa memberikan produk Anda sebuah identitas yang berbeda di pasaran. Elemen dalam branding produk yang dibuat secara kuat, dapat memengaruhi psikologis konsumen dan keputusan mereka untuk membeli produk tersebut atau tidak.
5 strategi jitu branding produk sendiri.
Riset Audiens dan Kompetitor
![branding produk](https://www.putrafarmayogyakarta.co.id/wp-content/uploads/2021/06/Pengertian-Riset-Pasar.jpg)
Branding produk yang pertama kali harus Anda lakukan ialah memilih target pasar yang tepat. Hal ini bisa memberikan keuntungan tersendiri kepada Anda. Karena produk yang akan dipasarkan, bisa cepat laku terjual atau bahkan sampai sold out terus menerus. Anda harus menyesuaikan target konsumen dengan produk yang akan dijual. Apabila sampai salah memilih konsumen maka menjadi percuma saja, karena produk Anda pasti tidak bisa laku.
Di samping itu, Anda juga perlu menganalisis pesaing-pesaing yang mempunyai produk serupa dengan Anda. Sehingga bisa mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan yang mereka miliki. Lalu Anda membuat versi yang lebih baik atau terbaiknya.
Ini akan memberikan Anda ide-ide yang lebih cemerlang untuk bisa meraih konsumen lebih banyak lagi dengan cara melakukan berbagai macam perencanaan yang lebih matang untuk membuat brand Anda menjadi yang nomer satu di hati para target yang diincar.
Produk Berkualitas
![branding produk](https://www.putrafarmayogyakarta.co.id/wp-content/uploads/2021/06/produk-berkualitas-1024x730.jpg)
Konsumen saat ini sudah semakin cermat dan cerdas untuk membeli sebuah produk. Mereka akan mempertimbangkan banyak hal mulai dari kebermanfaatan, harganya, sampai dengan kualitas.
Produk yang sejak awal sudah memiliki kualitas yang baik akan lebih cepat memeroleh banyak konsumen, apalagi jika terbukti manfaatnya sangat manjur.