Sebuah bisnis yang mampu menggaet pasar, tentu saja tidak dapat bergerak maju tanpa adanya hal-hal penunjang di dalamnya.
Contohnya saja seperti penggunaan nama brand, yang mana akan lebih mudah terdongkrak dengan menawarkan nilai jual lebih dengan menonjolkan sisi karakteristik berbeda serta unik.
Dengan adanya nilai yang dimasukkan ke dalam sebuah brand, sudah pasti akan merangsang pertumbuhan bisnis tersebut secara maksimal.
Lalu bagaimana cara mengoptimalkannya? Simak trik tingkatkan brand value selengkapnya di bawah ini yuk!
Baca juga : Pasarkan Produk Sendiri dengan Usaha Maklon Teh Herbal
Ini dia trik tingkatkan brand value yang jitu
Maksimalkan Pemakaian Marketing Tools
Marketing tools menjadi salah satu cara untuk mengindentifikasi respons konsumen terhadap produk bisnis Anda.
Di mana saat muncul sebuah review negatif pada produknya, maka harus secepat mungkin untuk melakukan penetralan dengan mengedukasi konsumen.
Hal ini bertujuan agar tidak terlanjur membuat isu yang akan merusak citra bisnisnya.
Selain itu, review tersebut juga memiliki pengaruh yang luar biasa untuk membuat konsumen menjadi trust terhadap produknya dan tidak akan berpindah ke kompettitor lainnya.
Padukan Personal Selling & Advertising
Supaya brand value Anda semakin kuat, pergunakan personal selling produknya yang mahal dengan pasar sedikit.
Namun manfaatkan bagian advertising-nya untuk pasar besar dengan produk yang dijual murah.
Cara penerapannya yakni :
-
-
- Use and Love Your Selling –> ekspresikan bagaimana produk yang Anda jual tersebut benar-benar menunjukkan ketulusan dan maksud baik bagi sesama, terutama pada konsumen bersangkutan.
- Use Feature Advantage and Benefit (FAB) Technique –> buat penjelasan yang seolah-olah membuat produk tersebut mempunyai manfaat/keuntungan yang sangat dibutuhkan oleh konsumen.
- Gather, Respond, Deliver, Close –> mengumpulkan segala jenis informasi dari konsumen, memberikan tanggap dengan informasi yang berkaitan, hingga menyajikan solusi yang berhubungan dengan produknya.
- Handle Uncertainty, Objectuon, Hesitation –> lakukanlah survey atau riset pasar terlebih dahulu untuk menemukan alasan dibalik kenapa produk Anda kurang mampu menarik konsumen, sehingga mengakibatkan tidak laku di pasaran.
- Empathy –> kemampuan untuk ikut merasakan apa yang sedang konsumen alami/bayangkan ketika membeli ataupun memakai produknya.
-
Baca juga : Ide Bisnis Laris Manis dengan 11 List Franchise Minuman Kopi
Menaikkan Kualitas Pelayanan
Trik tingkatkan brand value yang berikutnya adalah menaikkan kualitas pelayanan.
Dengan menghadirkan sebuah pelayanan yang semakin memuaskan konsumen, secara otomatis akan membuat konsumen merasa nyaman saat akan membeli produk Anda.
Di mana Anda dapat menempatkan personel yang berpengalaman serta berkompetensi di bidangnya pada posisi yang sangat vital.
Hal ini karena personel yang sudah mempunyai jam terbang tinggi, pasti memiliki kiat tertentu untuk membuat produknya cepat terjual.
Memberi Reward Kepada Konsumen
Salah satu cara agar konsumen tidak pergi meninggalkan Anda, yakni dengan pemberian apreasi dalam bentuk reward atau hadiah tertentu.
Di samping itu, Anda juga dapat memberikan program/event khusus bagi konsumen yang telah setia sejak lama.
Pasalnya konsumen yang diperhatikan dengan baik, akan membuat mereka merasa istimewa dan akhirnya menjadi loyal atau tidak akan berpaling ke produk lainnya.
Dengan begitu, poin plus-nya konsumen Anda akan terus membeli/menggunakan produk bisnis Anda.
Baca juga : Potensi Usaha Menggairahkan dari Maklon Cereal Diet
Menaikkan Kualitas Kemasan Produk
Trik tingkatkan brand value selanjutnya ialah menaikkan kualitas kemasan produk.